Festival Songgokerto Kota Batu "we care" Jaga Kebudayaan Tiap Daerah

Posted By : Admin    Selasa, 10 April 2018

Festival Songgokerto Kota Batu

MALANGVOICE –  Ada acara menarik dan layak didatangi, Sabtu ini (7/4). Adalah Festival Songgokerto “We Care” di Jalan Flamboyan RT 03 RW 05 Kelurahan Songgokerto.

Dalam festival itu, bakal banyak kegiatan. Mulai aksi peduli sosial dan kesenian khas Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.
Pagelaran ini bakal berlangsung sejak pukul 06.00-24.00. 

Juga akan dilaunching ‘Songgokerto Peduli’ dan website resmi sistem informasi pelayanan masyarakat (Simpelmas). 

Tidak hanya sakedar aksi peduli, kegiatan ini juga dibalut dengan kesenian lokal dari Kelurahan Songgokerto. Mulai dari penampilan Kesenian Sanduk, Festival Musik Akustik, Pawai arak-arakan Bulu Bekti, hingga guest star dari Orkes Band “SAFIRA”.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono mengatakan kegiatan ini bertujuan utama untuk pelestarian budaya lokal di Kelurahan Songgokerto. Sesuai dengan program pemerintah pusat, yakni  menggalakkan kebudayaan di masing-masing daerah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pelestarian budaya. Memang saat ini kami sedang gencar-gencarnya untuk mengangkat kesenian dan kebudayaan khas agar tidak punah,” kata Imam kepada MVoice.

Selain pelestarian kebudayaan, lanjut Imam, event ini juga jadi wadah bagi para penggiat kesenian lokal untuk menampilkan karya terbaiknya.

 “Ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan karya seninya,” sambung dia.

Selain itu, masih kata Imam, juga dimeriahkan dengan stan-stan bazar. Ini wujud pemberdayaan masyarakat dengan menampilan potensi daerah, seperti kaliner tradisional. Pastinya adalah Pasar Kuliner Murah dari UMKM Masyarakat Kelurahan Songgokerto.

“Dalam festival ini juga ada bazar, ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat lokal. Jadi nanti bagi wisatawan setelah melihat suguhan bisa sambil menikmati kulinernya,” jelas pria yang juga Staf Ahli Pemkot Batu ini.

Perlu diketahui pula, festival ini menyajikan beragam kegiatan mulai dari senam pagi, lomba yel-yel, lomba kreasi cipta menu makanan. Kemudian lomba mewarnai tingkat TK dan PAUD Se-Kelurahan Songgokerto. 

Bagi yang ingin memeriksa kesehatan juga bisa datang di Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan. Pemeriksaan bisa untuk penyakit umum, kulit, kolestrol dan tulang. (Der/Ery)

https://malangvoice.com/festival-songgokerto-kota-batu-we-care-kota-batu-jaga-kebudayaan-tiap-daerah